Progress Status Penyetaraan Ijazah Lulusan Perguruan Tinggi Luar Negeri

Berikut ini keterangan progress status penyetaraan ijazah luar negeri yang terdiri atas beberapa jenis/tahapan, yaitu:

  1. status penyetaraan "terdaftar", status ini adalah status yang akan diperoleh para pengusul pada saat para pengusul tersebut sukses mengisi borang dan mengupload seluruh berkas yang dipersyaratkan.
  2. status penyetaraan "diproses", adalah status dimana data penyetaraan ijazah luar negeri sudah/sedang proses penyetaraan dan penilaian oleh tim. hasil dari proses penyetaraan pada status "diproses" ada 5 kemungkinan status baru dikemudian, yaitu: (a) diterima, (b) ditunda, (c) KKI, (d)  Diteruskan, dan (e) Ditolak.
  3. status penyetaraan "diterima", adalah status dimana data penyetaraan sudah selesai melalui proses penilaian yang dilakukan oleh tim penyetaraan. data kemudian akan diajukan ke Kasie penyetaraan ijazah luar negeri untuk diverivikasi lebih lanjut.
  4.  status penyetaraan "diterima (kasie)", hasil verifikasi dari Kasie akan menghasilkan 2 kemungkinan status, yaitu: (a) diterima(kasie), dan (b) ditolak. jika data pengusul penyetaraan ijazah luar negeri diterima(kasie), maka langkah selanjutnya adalah pengajuan verifikasi ke Kasubdit Penyetaraan ijazah luar negeri. namun jika hasil verifikasi Kasie terhadap berkas yang diusulkan di tolak, maka akan dikembalikan status pemrosesannya ke tim penilai untuk dilakukan pencermatan dan penanganan lebih lanjut. begitu proses selanjutnya kembali ke ketarangan nomor 2 dalam penjelasan ini.
  5. status penyetaraan "diterima (kasubdit)",hasil verifikasi dari Kasubdit akan menghasilkan 2 kemungkinan status, yaitu: (a) diterima(kasibdit), dan (b) ditolak. jika data pengusul penyetaraan ijazah luar negeri diterima(kasubdit), maka langkah selanjutnya adalah proses pencetakan SK oleh operator dan diajukan ke ke Direktur untuk pengesahan SK Penyetaraan ijazah luar negeri. namun jika hasil verifikasi Kasubdit terhadap berkas yang diusulkan di tolak, maka akan dikembalikan status pemrosesannya ke Kasie untuk dilakukan pencermatan dan penanganan lebih lanjut. begitu proses selanjutnya kembali ke ketarangan nomor 4 dalam penjelasan ini.
  6. status "diterima (disetujui kasubdit)",SK belum di cetak namun siap di cetak oleh operator.
  7. status "SK sudah dicetak dan belum ditandatangani", pada status ini SK pengusul sudah di cetak oleh operator.
  8. status "SK sudah ditandatangani dan siap diambil", pada status ini SK sudah/sedang dalam proses pengesahan oleh Direktur.
  9. status "SK Sudah diambil", adalah keterangan yang akan muncul jika SK penyetaraan sudah diambil langsung/di kirimkan ke pengusul.